Nanda Wijaya | 202146500803 | R4J | Universitas Indraprasta PGRI

 Pada kajian ini saya akan merangkum sebuah siaran video YouTube "Live Pascasarjana ISI Surakarta  Ujian Terbuka Promosi Doktor Pandu Pramudita " dalam siaran yang berlangsung Selasa, 14 Maret 20 tersebut merupakan ujian terbuka yang disiarkan dikanal Youtube "ISI Surakata official" 

Pertama- tama saya ucapkan selamat pada Pak Dosen yaitu Dr. Pandu Pramudita yang telah menyelesaikan studi dengan predikat cumlaude, yang kemarin juga telah melaksanakan ujian terbuka promosi doctoral secara live. Berikut kesimpulan saya


Kayon merupakan material budaya dalam wujud wayang kulit yang berdasarkan tradisi lisan diciptakan oleh Sunan Kalijaga (Kusumadilaga 1981, 15). Setiap jenis wayang kulit selalu memiliki figur kayon untuk melengkapi perangkat pertunjukannya. Meskipun kesenian wayang muncul dan melekat ke dalam tradisi Jawa tapi seiring perkembangan dan persebarannya ke berbagai wilayah di Indonesia, seni rupa wayang juga beradaptasi dengan corak pada masing-masing daerah pengembangnya. Dengan demikian, pemanfaatan kayon sebagai identitas visual dari artefak wayang pada dasarnya tidak hanya mewakili kebudayaan Jawa saja, setidaknya juga mewakili identitas dari beberapa kebudayaan di Indonesia yang turut mengembangkan kesenian wayang, seperti Sunda, Bali, Betawi, Melayu, Banjar, dan Sasak.

Kayon merupakan salah satu figur wayang kulit yang memiliki bentuk istimewa sehingga digolongkan ke dalam wayang morgan. Keistimewaan bentuk tersebut dapat dilihat dari bidangnya yang disusun dari kerucut pada bagian atas, cembung-cekungan pada bagian tengah, dan bidang panjang pada bagian bawah. 

Beliau membuat kajian inovasi bentuk figur kayon dengan metode penelitian fenomenologi yang fokus dengan penelitian material figur kayon gaya Surakarta, didukung dengan data oral dari informan penelitian. Beliau melakukan analisis secara terperinci terhadap kaidah bentuk fiigur kayon, bentuk ideal bidang kayon yaitu dengan cara perbandingan ukuran dan teknik gambar. 

kesimpulan dari hasil penelitian merupakan hasil jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut Inovasi bentuk figur kayon wayang kulit purwa gaya Surakarta memunculkan ragam bentuk figur yang memiliki estetikanya yang disebut dengan wanda kayon. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review 20 Jurnal

Nanda Wijaya | 202146500803 | R4J | Universitas Indraprasta PGRI

Definisi mitos, metafora dan Metomini pada objek manga 20th century boy